personal blogs to just write about gadget information, information technology, travel, finance, health, and to write about the latest news ...

Teori Kepemimpinan

Sosok visioner yang sekarang ini yang akhir-akhir ini dijadikan keyword menimbulkan banyak pertanyaan, sehingga tidak heran benarkan dia menyandang gelar sebagai seorang yang berjiwa visioner??? atau kah visioner itu hanya menjadi targetan untuk keyword..anda pasti tahu jawabanya, namun terlepas dari itu semua mari kita coba mengenal sosok yang bernama Rusli Zainal ini sehingga akhirnya mengadakan kontes Rusli Zainal Sang Visioner tersebut dan siapakah orang ini?? Rusli Zainal adalah sosok seorang gubernur di propinsi Riau yang akhir-akhir ini di lekat kan dengan sang visioner dengan mengadakan kontes seo tersebut, apakah memang benar seorang pemimpin ini sudah berjiwa visioner??? sebelum itu semua mari kita melihat ciri-ciri seorang yang bisa dikatakan visioner seperti yang saya kutip dari berbagai sumber antar lain:

Beberapa teori dan konsep kepemimpinan makna dan hakekat kepemimpinan antara lain:
1. Paul Hersey dan kennet H. Blancchard (1982) : pemimpin adalah orang yang dapat mempengaruhi kegiatan individu atau kelompok dalam usaha untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu.
2. Martin J. Gannon (1982) : pemimpin adalah seorang atasan yang mempengaruhi perilaku bawahanya.
3. R. D. Agarwal (19982) : kepemimpinan adalah seni mempengaruhi orang lain untuk menggerakan kemampuan mereka, kemauan mereka dalam usaha untuk mencapai tujuan pemimpin.
4. George R. Terry : kepemimpinan adalah proses mempengaruhi individu atau kelompok untuk menentukan tujuan dan sekaligus mencapai tujuan tersebut. 5. Kartini kartono (1985) : pemimpin adalah pribadi yang mempunyai kecakapan khusus, dengan atau tanpa pengangkatan resmi dapat kelompok yang dipimpinnya untuk melakukan usaha bersama mengarah pada pencapaian sasaran tertentu.
Ada beberapa teori Kepemimpinan : a. Teori Sifat (Trait Theory) Analisis ilmiah tentang kepemimpinan dimulai dengan memusatkan perhatiannya pada pemimpin itu sendiri. Pertanyaan penting yang dicoba dijawab oleh pendekatan teoritis, ialah apakah sifat-sifat yang membuat seseorang itu disebut sebagai pemimpin. Teori “great man” arti lebih realistis terhadap pendekatan sifat dari pemimpin, setelah mendapat pengaruh dari aliran perilaku pemikir psikologi. Menyadari hal seperti ini, bahwa tidak ada korelasi sebab akibat antara sifat dan keberhasilan manajer, maka Keith Davis merumuskan empat sifat umum yang tampaknya mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan kepemimpinan organisasi :
1) Kecerdasan. Hasil penelitian pada umumnya membuktikan bahwa pemimpin mempunyai tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang dipimpin. Namun demikian yang sangat menarik dari penelitian tersebut ialah pemimpin tidak bisa melampaui terlalu banyak dari kecerdasan pengikutnya.
2) Kedewasaan dan keluasan hubungan sosial. Pemimpin cenderung menjadi matang dan mempunyai emosi yang stabil, karena mempunyai perhatian yang luas terhadap aktivitas-aktivitas sosial. Dia mempunyai keinginan menghargai dan dihargai.
3) Motivasi diri dan dorongan berprestasi. Para pemimpin secara relatif mempunyai dorongan motivasi yang kuat untuk berprestasi. Mereka bekerja berusaha mendapatkan penghargaan yang intrinsik dibandingkan dari yang ekstrinsik.
4) Sikap-sikap hubungan kemanusiaan. Pemimpin-pemimpin yang berhasil mau mengakui harga diri dan kehormatan para pengikutnya dan mampu berpihak kepadanya.
melihat ini semua bagaimana tanggapan anda tentang Rusli Zainal Sang Visioner???
Surfing, Reading, Writing and Share my Opinion Copyright © 2011 | Template by Premium Template | Powered by Blogger